Rabu, 01 Oktober 2014

Pengantar Bisnis Informatika

Mau Jadi Karyawan atau Bos ??

Mau jadi karyawan atau bos? Pertanyaan tersebut mungkin sedikit menyentil ditelinga khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi lulus dan terjun di dunia kerja atau bahkan membuka usaha kerja.
Kebanyakan orang apabila selesai menempuh dunia pendidikan pasti tidak jauh-jauh ingin atau bercita-cita di suatu perusahaan yang bonafit agar mendapatkan gaji yang besar pula.


Kalau diantara kalian ada yang punya pemikiran seperti itu, coba ada baiknya sekarang pikir ulang apa yang kalian harapkan tersebut. Memang tidak salah jika kita punya cita-cita ingin bekerja di suatu perusahaan yang besar, tapi kenapa kita tak mencoba hal lain dengan cara kita membuka usaha sendiri. Mungkin kita memang perlu perjuangan terlebih dahulu untuk mulai mendirikan usaha, harus mempertimbangkan segala macam yang berkaitan dengan usaha apa yang akan kita bangun. Saya Riko Arfian dalam hal ini ingin membuat usaha yang berkaitan dalam dunia Teknologi Informasi karena dewasa ini dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat dan masih akan terus berkembang seiring kemajuan jaman.

Banyak sekali peluang bisnis dalam bidang IT seperti :
1. Perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi
2. Konsultan IT 
3. Distributor produk IT
4. Training dan pendidikan IT
5. Jual beli secara online

Namun dari kelima contoh peluang bisnis di dunia IT saya lebih berminat untuk mendirikan Training dan Pendidikan IT. Saya memilih dan ingin mendirikan usaha tersebut khususnya dikampung halaman saya dikarenakan masih minimnya orang-orang disana mengetahui dan memiliki keahlian dalam bidang IT dalam hal ini bisa mengoperasikan komputer. Sedikit share pengalaman apa yang saya alami, kebetulan saya menjadi pengajar komputer di salah satu tempat bimbingan belajar disana. Saya miris ketika saya mempunya murid belajar dan dia berasal dari sekolah negeri, ketika saya berikan tugas untuk membuat biodata diri dia sendiri. Saya sedikit tercengan ketika saya melihat hasil tugas dia, dalam tugas tersebut dia mengerjakan tanpa adanya "enter" dan "spasi" atau dengan kata lain semua kata itu tergapung menjadi satu.
Untuk itulah saya ingin sekali membuka usaha pendidikan Training IT dikampung halaman saya. Meski kecil dan hanya berisikan beberapa komputer, namun saya percaya dengan kemajuan teknologi usaha yang saya dirikan pasti bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

0 komentar:

Posting Komentar