Jika diuraikan secara satu persatu definisi dari Virtual merupakan
memberikan pengalaman tapi tidak secara nyata . Definisi Reality sendiri keadaan
atau kualitas menjadi nyata . Sesuatu yang ada tanpa bergantung pada hal-hal
yang berhubungan denganya .Sesuatu yang membentuk hal yang nyata / actual.
Sehingga apabila disimpulkan menjadi program “immersive” (atau area yang luas ,
multy sensory yang di-generate melalui computer yang men-track pengguna real
time.
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat
pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh
komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang
ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang
ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil
stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil
pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Beberapa sistem haptic xanggih sekarang meliputi informasi sentuh, biasanya
dikenal sebagai umpan balik kekuatan pada aplikasi berjudi dan medis. Para
pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah
artifak maya baik melalui penggunaan alat masukan baku seperti a papan ketik
dan tetikus, atau melalui alat multimodal seperti a sarung tangan terkabel,
Polhemus boom arm, dan ban jalan segala arah. Lingkungan yang ditirukan dapat
menjadi mirip dengan dunia nyata, sebagai contoh, simulasi untuk pilot atau
pelatihan pertempuran, atau dapat sangat berbeda dengan kenyataan, seperti di
VR game. Dalam praktik, sekarang ini sangat sukar untuk menciptakan pengalaman
Realitas maya dengan kejernihan tinggi, karena keterbatasan teknis atas daya
proses, resolusi citra dan lebar pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu
diharapkan untuk secepatnya diatasai dengan berkembangnya pengolah, pencitraan
dan teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat
dari waktu ke waktu.
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat
pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh
komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang
ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang
ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil
stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil
pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Beberapa sistem haptic xanggih sekarang meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai umpan balik kekuatan pada aplikasi berjudi dan medis. Para pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah artifak maya baik melalui penggunaan alat masukan baku seperti a papan ketik dan tetikus, atau melalui alat multimodal seperti a sarung tangan terkabel, Polhemus boom arm, dan ban jalan segala arah. Lingkungan yang ditirukan dapat menjadi mirip dengan dunia nyata, sebagai contoh, simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran, atau dapat sangat berbeda dengan kenyataan, seperti di VR game. Dalam praktik, sekarang ini sangat sukar untuk menciptakan pengalaman Realitas maya dengan kejernihan tinggi, karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra dan lebar pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya diatasai dengan berkembangnya pengolah, pencitraan dan teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu.
Beberapa sistem haptic xanggih sekarang meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai umpan balik kekuatan pada aplikasi berjudi dan medis. Para pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah artifak maya baik melalui penggunaan alat masukan baku seperti a papan ketik dan tetikus, atau melalui alat multimodal seperti a sarung tangan terkabel, Polhemus boom arm, dan ban jalan segala arah. Lingkungan yang ditirukan dapat menjadi mirip dengan dunia nyata, sebagai contoh, simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran, atau dapat sangat berbeda dengan kenyataan, seperti di VR game. Dalam praktik, sekarang ini sangat sukar untuk menciptakan pengalaman Realitas maya dengan kejernihan tinggi, karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra dan lebar pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya diatasai dengan berkembangnya pengolah, pencitraan dan teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu.
BAGAIMANA APLIKASINYA DI DUNIA NYATA ?
Sangat banyak aplikasi dari Virtual Reality ,
seperti contoh di Social Life.Apakah kalian pernah memainkan game The
SIMS ? Nah, game populer ini merupakan suatu bentuk aplikasi dari Virtual
Reality,kehidupan nyata yang dibuat secara virtual. Di The SIMS, kita
dapat berinteraksi dengan pemain diseluruh dunia melalui SIMS (avatar) yang
kita buat. Kita dapat menjadi kuat, kaya dan populer dengan menjalankan bisnis
seperti di kehidupan nyata, serta mendapatkan teman
Sangat banyak aplikasi dari Virtual Reality ,
seperti contoh di Social Life.Apakah kalian pernah memainkan game The
SIMS ? Nah, game populer ini merupakan suatu bentuk aplikasi dari Virtual
Reality,kehidupan nyata yang dibuat secara virtual. Di The SIMS, kita
dapat berinteraksi dengan pemain diseluruh dunia melalui SIMS (avatar) yang
kita buat. Kita dapat menjadi kuat, kaya dan populer dengan menjalankan bisnis
seperti di kehidupan nyata, serta mendapatkan teman
Pengaplikasian
Virtual Reality yang lain dapat kita lihat di dunia Militer.Disini virtual
Reality sudah banyak digunakan sebagai media untuk melatih prajurit-prajurit
sebelum terjun langsung ke medan perang. Dengan Virtual Reality ini, prajurit
tidak akan mengalami cedera yang berarti, dikarenakan latihan dilakukan dalam
dunia virtual. Contohnya, simulasi perang virtual, simulasi menerbangkan
helikopter, Simulasi terjun payung dan lain-lain.
Sama halnya dengan bidang
militer,aplikasi Virtual
Reality juga ada di bidang olahraga.Ini
digunakan untuk meminimasi cedera terutama bagi penggandrung olahraga ekstrem tetapi tidak berani melakukan nya.
Jadi mereka hanya akan melakukan olahraga tersebut melalui dunia virtual,
tanpa harus takut mengalami cedera.
Bentuk aplikasi lain nya di bidang
Edukasi. Disini Virtual
Reality digunakan sebagai media belajar bagi orang-orang
sebelum terjun langsung ke dunia nyata. Contohnya belajar menyetir (bayangkan bila stir mobil sungguhan
langsung diberikan pada mereka). Maka teknologi Virtual Reality akan sangat
membantu sebagai fasilitas pembelajaran bagi orang-orang yang ingin belajar
menyetir misalnya agar dapat berlatih dahulu di dunia virtual untuk meminimasi
kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.
Masih banyak bentuk aplikasi virtual reality. Sayangnya
di Indonesia belum banyak yang menerapkan teknologi Virtual Reality ini
Pengaplikasian
Virtual Reality yang lain dapat kita lihat di dunia Militer.Disini virtual
Reality sudah banyak digunakan sebagai media untuk melatih prajurit-prajurit
sebelum terjun langsung ke medan perang. Dengan Virtual Reality ini, prajurit
tidak akan mengalami cedera yang berarti, dikarenakan latihan dilakukan dalam
dunia virtual. Contohnya, simulasi perang virtual, simulasi menerbangkan
helikopter, Simulasi terjun payung dan lain-lain.